Aptisi-Deakin University Sepakati Kerja Sama Penelitian

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) dan Deakin University, Australia, menyepakati kerja sama di bidang penelitian, publikasi jurnal, seminar internasional, dan pelatihan kepemimpinan akademik.

“Adanya kerja sama penelitian dan publikasi jurnal itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi dan karya ilmiah dosen,” kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Selasa (11/12/2012).

Menurut dia, kerja sama penelitian yang nanti dilakukan itu diharapkan tidak hanya bisa dipublikasikan di jurnal internasional, tetapi juga dapat diseminarkan di forum internasional.

“Implementasi kerja sama Aptisi-Deakin University itu juga akan direalisasikan dalam beberapa bentuk di antaranya Academic Leadership Course atau pelatihan kepemimpinan akademik,” katanya.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dalam hal peningkatan kualitas pimpinan di perguruan tinggi dan menyoroti kualitas kepemimpinan di Indonesia.

“Dengan mengangkat isu aktual tentang kepemimpinan di Indonesia, kami mengajak Aptisi untuk merealisasikan kegiatan tersebut pada awal tahun depan,” katanya.

Delegasi Deakin University Ismet Fanany mengatakan, kerja sama penelitian dan publikasi jurnal itu untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen.

“Deakin University akan memfasilitasi hasil penelitian maupun disertasi dosen-dosen di lingkungan Aptisi untuk dipublikasikan di jurnal Deakin University,” katanya.

Menurut dia, Aptisi dan Deakin University telah membicarakan langkah awal implementasi kerja sama yang telah disepakati kedua pihak.

“Hal itu merupakan tindak lanjut kunjungan delegasi pimpinan perguruan tinggi swasta Indonesia yang tergabung dalam Aptisi ke Deakin University pada awal November 2012,” katanya.

 

Sumber: KOMPAS.com

Comment :

Leave Your Footprint