APTISI Siapkan Lembaga Akreditasi Mandiri

JAKARTA, KOMPAS.com–  Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) menyiapkan pembentukan lembaga akreditasi mandiri (LAM).

Lembaga ini dibutuhkan untuk mengakreditasi program studi di PTS yang banyak belum tuntas terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Gagasan pembentukan LAM yang diakomodasi dalam UU Pendidikan tinggi itu dari APTISI. Sebab, kita bisa mengandalkan BAN-PT. Karena itu, APTISI pusat sedang menyiapkan LAM, dan APTISI wilayah diminta untuk mendukung,” kata Ketua APTSI Kopertis Wilayah III Prof. Suyatno, dalam acara Silaturahmi Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III DKI Jakarta di Universitas Tarumagara di Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Menurut Suyatno, PTS harus terus meningkatkan kualitasnya. Lebih dari 60 persen mahasiswa Indonesia atau sekitar 2,5 juta dari total 4,5 juta mahasiswa Indonesia dilayani PTS.

Di APTSI, Wilayah III DKI Jakarta tercatat 325 PTS. Anggota APTSI sekitar 2.800 PTS. Suyatno memaparkan APTSI saat ini masih memperjuangkan agar LAM setara dengan BAN-PT.

“Ada isu, program studi yang diakreditasi LAM harus diverifikasi lagi oleh BAN-PT. Ini kan menunjukkan pemerintah setengah-setengah memberikan kebebasan pada LAM,” kata Suyatno.

Comment :

Leave Your Footprint