6.441 Mahasiswa Baru Siap Berproses Menjadi Insan Ulil Albab di UII

2014.09.01.kuliah perdana uii 2014Universitas Islam Indonesia (UII) selama ini tidak hanya dikenal sebagai kampus perjuangan, namun juga sebagai kampus pencetak insan ulil albab, generasi cendekiawan Muslim yang tidak hanya memiliki kecerdasan namun juga keluruhan akhlak. Hal inilah yang selalu ditekankan oleh para pendiri UII kepada civitas akademikanya, tak terkecuali para mahasiswa yang baru bergabung dengan UII. Sebanyak 6.441 mahasiswa baru UII mengikuti kuliah perdana sebagai langkah awal mereka berproses menjadi insan ulil albab, pada Senin (1/9).

Kegiatan kuliah perdana yang berlangsung di Auditorium Kahar Muzakkir UII ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pesona Ta’aruf (Pesta) 2014 yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya bagi mahasiswa baru UII. Lewat kegiatan ini, mahasiswa diperkenalkan dengan lingkungan kampus UII sehingga dapat lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan akademik di kampusnya.

“Belajar di UII adalah proses penanaman nilai, akhlak, dan pembelajaran ilmu pengetahuan kepada mahasiswa untuk berproses menjadi insan yang berguna bagi peningkatan kualitas lingkungan di masa depan”, ungkap Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc mengawali sambutannya di hadapan ribuan mahasiswa baru yang berkumpul di Auditorium Kahar Muzakkir.

Dr. Harsoyo juga menyampaikan bahwa peran generasi muda sangat dinanti untuk turut memberikan kontribusinya bagi pemecahan permasalahan bangsa. Dalam konteks ini, kegiatan kuliah perdana merupakan awal yang baik bagi mahasiswa baru untuk berproses menjadi insan ulil albab yang dapat berperan bagi bangsa Indonesia kelak.

Selain itu, Rektor juga berharap agar para mahasiswa menganggap UII yang sedang berproses sebagai kampus taman kebijaksanaan, ilmu, dan teknologi, layaknya seperti rumah mereka sendiri untuk belajar.

Wakil Rektor I UII, Dr. –Ing. Ilya Fajar Maharika, MA mencatat terjadinya peningkatan yang cukup signifikan dalam jumlah pendaftar UII yang pada akhirnya terseleksi menjadi 6.441 mahasiswa. “Jumlah pendaftar UII pada tahun ini menembus angka 26.248, meningkat sejumlah 16.79% dibanding tahun sebelumnya”, ungkap Ilya.

Angka ini juga menunjukkan semakin kuatnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan yang diselenggarakan oleh UII. Sementara jumlah jumlah mahasiswa baru yang berasal dari dari Pulau Jawa, terbanyak dari Provinsi Jawa Tengah (1.691 orang) dan Yogyakarta (1.519 orang). Sedangkan dari luar Jawa, terbanyak berasal dari Provinsi Kalimantan Timur (459 orang) dan Riau (408 orang).

Pesan Bp. Suparman Marzuki : Belajarlah Tentang Nilai Integritas dan Kejujuran

Dalam kuliah perdana yang disampaikan oleh Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si yang bertema ‘Menjadi Pemimpin Bangsa’, beliau menegaskan bahwa menjadi mahasiswa UII memiliki tanggung jawab dalam mengedepankan nilai integritas dan kejujuran. “Selain itu, mahasiswa UII juga dituntut untuk memiliki budaya belajar disiplin yang tinggi,” tegas Alumni Fakultas Hukum UII tersebut kepada mahasiswa baru UII.

Suparman juga menekankan bahwa menjadi mahasiswa baru merupakan masa transisi yang tidak mudah, dan oleh karenanya kedisiplinan menjadi kunci utama keberhasilan. “Masuk ke jenjang universitas adalah momentum untuk mendorong perubahan pribadi semua mahasiswa menjadi pribadi yang lebih bermakna, yang lebih menghargai waktu, yang lebih produktif”, ungkap Ketua KY tersebut.

Pada akhir ceramah, Suparman juga berpesan kepada semua mahasiswa UII untuk berlatih mengorganisir pemikiran dengan melibatkan diri pada kegiatan organisasi kemahasiswaan di lingkungan UII.

 

Sumber : UII

Comment :

Leave Your Footprint