Aptisi Gelar Pelatihan Akreditasi Perguruan Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) akan menggelar pelatihan penyiapan praktik dan simulasi borang akreditasi institusi perguruan tinggi. Pelatihan ini akan digelar Sumatera Utara dan berlangsung Kamis – Sabtu (9-11/10).

Dijelaskan Humas APTISI, Hangga Fathana, pemberlakuan ASEAN Economic Community  (AEC) sudah semakin dekat. Di era ini, persaingan perguruan tinggi (PT) di tanah air dengan PT ASEAN akan lebih terbuka. Sebagai contoh adalah persaingan antar lulusan yang tentunya akan semakin keras.

Karena itu, kata Hangga, penguatan PT perlu dilakukan di antaranya melalui akreditasi. Hal ini diharapkan dapat menjadi rujukan sebagai elemen penguat daya saing. APTISI akan menggelar pelatihan ketiga kalinya di Sumatera Utara. “Sebelumnya, pelatihan pertama dilaksanakan di Batam dan kedua di Lombok,” kata Hangga di Yogyakarta, Rabu (8/10).

Lebih lanjut Hangga mengatakan pelatihan yang digelar di Sumatera Utara, berbeda dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya. Di mana penyelenggaraan kali ini akan lebih detil dan sampai tahap evaluasi serta simulasi borang yang telah dibuat.

“Pelatihan akan diikuti oleh 50 peserta dari perguruan tinggi yang berasal dari berbagai provinsi di penjuru Indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Ujung Pandang, Nusa Tenggara Timur, Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan sebagainya,” katanya.

 

Sumber : Republika Online

Comment :

Leave Your Footprint