APTISI-KADIN: Kerjasama Tingkatkan Kualitas SDM

aptisi-kadinMenciptakan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha perlu adanya link and match antara perguruan tinggi dengan dunia usaha. Pengembangan kualitas sumber daya manusia dan generasi muda Indonesia dalam membangun profesionalitas tidak hanya di perguruan tinggi semata, melainkan dibutuhkan peran penting dunia usaha yang nantinya bakal menampung para lulusan perguruan tinggi tersebut.

Dalam menciptakan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) mengadakan kerjasama dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia beberapa waktu lalu. Nota kesepahaman ini ditanda tangani oleh Suryo Bambang Sulisto selaku ketua KADIN Indonesia dengan Edy Suandi Hamid selaku ketua APTISI.

“Penandatanganan MoU ini akan membuka banyak sekali peluang-peluang misalnya saja, bisnis itu banyak memerlukan studi-studi apakah studi kelayakan, studi amdal dan lain sebagainya yang memerlukan bantuan universitas. Diharapkan dengan adanya MoU ini kita bisa mengetahui lebih mendalam potensi-potensi apa yang bisa dikerjasamakan,” ujar Suryo dalam sambutannya.

Hubungan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha sebenarnya sudah berjalan, namun selama ini hanya terjadi antara perguruan tinggi dengan pelaku-pelaku usaha secara individu.

“Hubungan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha yang selama ini sudah berjalan, namun belum ada payung besar yang menaungi, sehingga hubungan ini bisa lebih terstruktur dan bermanfaat,” ujar Edy Suandi.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan peluang untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan pendidikan tinggi bagi anggotanya yang berjumlah sekitar 4000 perguruan tinggi swasta di Indonesia. (Kristiadi)

 

Sumber : HUMAN CAPITAL JOURNAL.com

 

Comment :

Leave Your Footprint