Aptisi Kirim Dosen Belajar di Hongaria

86714b14c2e5d3c9a29e3e1dcf6134c8_thumb IMG-20150729-WA022

YOGYA (KRjogja.com) – Republik Hongaria serius menjalin kerjasama dengan Republik Indonesia dibidang pendidikan. Hal tersebut diwujudkan dengan mengandeng Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) sejak 2013.

Duta Besar Hongaria untuk RI, Judit Nemeth Pach mengatakan telah menandatangi kerjasama pendidikan dengan Indonesia, terutama dalam program beasiswa dan pertukaran pelajar sejak 2013 lalu. Untuk mengembangkan kerjasama pendidikan sangat penting, karena tidak hanya berdampak pada sektor politik dan bisnis namun sekaligus memberikan keuntungan lebih lainnya.

“Pendidikan sangat penting untuk membuka pintu baru yang lebih luas. Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Indonesia,” ujar Judit usai membuka Forum Diskusi Antar Rektor Perguruan Tinggi Hongaria- Indonesia di Novotel Yogyakarta, Rabu (29/07/2015).

Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Hongaria, Kitty Fanni Balog mangatakan Hongaria hanya memiliki 66 perguruan tinggi karena merupakan negara kecil. Namun Hongaria menawarkan lebih dari 300 program berbahasa Inggris.  “Saya melihat kerjasama ini menjanjikan dan akan terus dikembangkan lagi nantinya,” kata Kitty.

Ketua APTISI Pusat, Prof Edy Suandi Hamid M Ec mengatakan kerjasama tersebut meliputi lima hal yakni pengembangan dosen, pertukaran dosen kedua negara, pertukaran mahasiswa, kerjasama penelitian dan pemberiaan beasiswa. (R-4)

 

Sumber : KR Yogyakarta

Comment :

Leave Your Footprint